Kamis, September 18, 2008

Penting gak sih ???

Fotografer adalah painter of light, jadi ya melukislah dengan cahaya, jangan dengan photoshop" Nah lo.....setuju gak dengan statemen di atas?? saya menemukan istlah ini saat membaca majalah The Light edisi ke 14. Cukup menggelitik juga ya...karena sepertinya emang dari dulu sampe sekarang permasalahan ini selalu dibincangkan kadang malah diperdebatkan. Saya tidak menolak ataupun menyepakati statemen diatas, hanya saja yg menjadi pertanyaan saya adalah, masih penting gak sih kita ngebahas itu? Saya sedikit sependapat dengan pernyataan Edial Rusli saat ngobrol dirumahnya. Dark room itu proses di kamar gelap dan photoshop merupakan proses kamar terang. Jadi intinya sama aja kan, sama-sama proses. Asal semua sesuai kadar dan fungsinya. Ketika itu foto jurnalis ya..janganlah terlalu lebay lah (kata anak sekarang) jangan sampe naturalitas foto bergeser. Atau sebaliknya untuk kebutuhan seni (misal kolase montase) ya...itu sekalian aja jor-joran digital imagingnya jangan nanggung hehe....gimana kang ray?? Buat saya pribadi yang penting ketika ingin mempelajari fotografi jangan tanggung atau instan. Sayang sekali, pelajari dari dasarnya. Lebih baik lagi kalau belajar mulai dari KLJ (kamera lubang jarum) atau fotogram trus bertahap ke analog SLR baru digital dan photoshop. Jadi karya yang kita buat bukan karena faktor lucky tapi karena emang kita mengerti. Gimana setuju gak? Karena ini forum bebas, so sapa aja boleh komentar apapun, bebas. Ditunggu ya komennya.....

5 komentar:

CEPRIES mengatakan...

tergantung kebutuan.,.,
semua proses itu (kamar gelap,photoshop,kolase montase de el el) tergantung tujuan awalnya.
intinya bukan hal yang kudu diperdebatkan.
Tapi.,.,.,
aq rada jengkel seh juga mbak.,.,
klo aq punya temen yang bukan orang2 foto, dia motret "sak enaknya" gitu dan bardalih "gampang ntar kan ada photoshop"
aq sedikit bete,.,.,
kita yang belajar foto "mati2an", orang yang gak belajar foto bisa dipermudah ma teknologi.
Gimana jreng? apa jawabnya tergantung kebutuan juga ya. hihihih

CompoR mengatakan...

yup semua tergantung kebutuhan...
tapi...tetep aja klo kita sudah bermain foto ya jangan asal karbitan alias instan (walaupun katanya sekarang jamannya mie instant).
Gimana-gimana juga kita tetep musti belajar motret dulu. ya....minimal pernah en tau gimana motret. selebihnya pengembangan sendiri, dari baca buku, sharing atau try en error. Percaya deh belajar motret dari yg paling dasar itu seru dan cukup menegangkan. Setuju gak ??

CEPRIES mengatakan...

benolll
eh salah
betulll
tapi perkembangan jaman menbuat banyak bermunculan para "disainer foto"
contohnya temen2ku tadi ato mgkn temen2 u - u pade
gak pernah makan pendidikan fotografi tapi bisa mendapat hasil foto bagus
sedangkan kita? (kita, u aja kalee gw kagak)
belajar dari diklat demi diklat
pake slr manual (film sering gak nyantol)
baru pake digital

CompoR mengatakan...

ya sudah klo sama temen kmu cuekin aja. yg pasti kita lebih byk tau. sekarang tinggal out putnya aja. tapi bukan berarti juga kita menutup mata en telinga untuk tidak mau tau dunia digital, photosop en tetek bengek lainnya kan?
Yang penting aplikasi (kata seorang "kawan")

Anonim mengatakan...

ada dua prinsip yang dimiliki masing masing orang:
1. Proses
2. Hasil Akhir
dari 2 hal tersebut sebenarnya bisa menggambarkan pentingnya penggunaan photoshop, sekarang tinggal tergantung masing2 pengguna dengan prinsipnya itu....